Berkas Ditolak KPUD Tuba, Partai Ummat Terancam Gagal Menjadi Peserta Pemilu 2024

Tulang Bawang| Prokontra.co.id-
KPU Kabupaten Tulang Bawang hari ini menolak pendaftaran bakal calon legislatif (bacaleg) dari Partai Ummat. Rencananya, mereka akan kembali lagi ke KPU esok hari untuk mendaftar. Sabtu, (13/5/2023)

"Penyebab gagal daftar bakal calon karna belum di-submit. Jadi kan berkasnya diunggah dulu, mungkin sudah diunggah, tapi belum di-submit. Nah setelah di-submit kan nanti terus muncul surat persetujuan dari DPP, karena belum di-submit kan berarti belum dapat persetujuan dari DPP, belum ada, "terang, Ketua KPU Tulang Bawang, Reka Punnata SH saat dimintai keterangan melalui via telephone (Sabtu,13-mei-2023)

Reka Punnata menjelaskan sebelum pemeriksaan berkas-berkas, KPU akan terlebih dahulu memeriksa berkas yang sudah diunggah pada silon. Namun setelah dicek ternyata berkas belum muncul dan akhirnya pendaftaran belum bisa diterima, paparnya.

"Kita kan memeriksa awalnya dari silon, kita cek di silon partai Ummat itu belum muncul, berkasnya itu belum ada, kalau belum di-submit ya nggak muncul padahal yang submit kan (DPP). Ya tadi belum diterima dan kami kembalikan, kita terus memberikan masukan dan konsultasi, dan tetap ditunggu sampai esok, 14/05/2023, untuk konsekuensi nya jika tidak didaftarkan besok, maka kami pastikan Partai Ummat tidak lolos menjadi peserta pemilu 2024 mendatang" jelasnya

"Jika tida didaftarkan kembali besok, Partai Ummat tidak lolos menjadi peserta pemilu tahun 2024," tegasnya.

Sementara itu, Ketua DPD Partai Ummat Kabupaten Tulang Bawang, Maria Armi SH mengakui memang ada sedikit kendala sehingga pasukannya gagal daftar Bacaleg sesuai rencana, pihaknya akan kembali lagi ke KPU pada Minggu (14/5/2023) esok. Meski hari ini gagal mendaptar, para bacaleg tetap semangat dengan foto bersama didepan Kantor KPU.

"Ya saya sendiri tau konsekuensinya seperti apa, tetapi karna kesalahan dan kelalaian saya sendiri sehingga saya lupa untuk ngecek kelengkapan berkas yang saya bawa, partai Ummat hari ini rencananya daftarkan 40 bacaleg tapi memang tadi ada kendala masalah silon dari DPP, nggak papa besok ke KPU lagi ," ucap Maria saat memberikan keterangan usai gagal mendaftar. (Red)


0 Komentar

© Copyright 2022 - prokontra.co.id